1.
REBUT DAN
RAMPAS
Peralatan :
Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain : bebas
Waktu
:
10 menit
Tujuan
:
Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Unsur hiburan :
Semua anak
membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya
dapat semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di
lantai. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan
cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah
keburu jatuh, maka ia dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat
bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu,
perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama,
maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
2.
PETANI DAN
PENCURI
Peralatan
: Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau
potongan kain atau agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain : bebas
Waktu
: 8-10 menit
Tujuan
: Melatih kecepatan
Unsur hiburan :
Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak yang
jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar, seorang anak
ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran. Pencuri tadi
datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana
saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya pada saat pencuri
menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar
dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa
tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan
dipilih petani baru.
3.
ARUNG
JERAM
Tujuan :
a. Kerja sama tim.
b. Kekompakan regu.
c. Yang kuat membantu yang lemah.
d. Menetapkan bersama strategi manajemen secara
tepat.
e. Menempatkan diri saat bertindak/menjalankan tugas.
Alat :
a. Tali besar (diameter 4-5 cm/seukuran tali Perahu, panjang
tali sesuaikan dengan anggota regu yang bermain).
b. Kedua ujung tali di ikat dengan kuat.
Pelaksanan :
a. Semua
anggota regu duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam
lingkaran.
b. Tiap
anggota regu kedua tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1
meter. Jarak semakin rapat semakin baik.
Peraturan :
a. Semua anggota regu berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
b. Saat mencoba berdiri, kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk (Tetap
Lurus)
c. Setelah dapat berdiri bersama, kemudian berupaya duduk bersama
kembali.
d. Diupayakan jangan ada peserta yang terjatuh.
4.
STICK
GOYANG
Tujuan :
a. Menjalin Kerja sama dan toleransi antar anggota.
b. Belajar saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada
yang lain.
c. Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
Alat :
a. Tali Pramuka/ boleh rafia. Sejumlah peserta.
b. Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu . Panjang ( 2-3 meter ) diameter
bebas.
c. Aneka Halang rintang.
Pelaksanaan :
a. Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan
atau kiri
b. Ditengah tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali
dalam kondisi kencang.
c. Regu Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
d. Regu dengan waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah
jatuh itulah yang terbaik
e. Rintangan dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa
balok/ bambu nampak penuh tantangan. (melebar, menyempit, lompat,
naik dan turun)
5.
BAUT BARISAN
Tujuan : Agar seluruh peserta bisa
berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih
mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
a. Peserta di
bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang
pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
b.
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
1. Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun
berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
2. Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok,
selesai atau belum, harus jongkok.
3. Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan
telah melaksanakan tugasnya dengan benar.
4. Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya
dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum
hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka
telah selesai melakukan tugas).
c. Sebelum
pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah
aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
6.
BERCERMIN
Tujuan : Untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti
orang lain. Acara sore yang baik.
Prosedur :
a. Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan
tangan ke atas dalam jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak
pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sesuai dengan
keinginan mereka.
b. Untuk putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini
kedua tangannya bersentuhan dengan lembut.
c. Pada putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan
kuat, dan melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar