Senin, 21 Desember 2015

SIAPA ORANG-ORANG YANG PALING BAHAGIA DI INDONESIA???



JAKARTA, Indonesia. Badan Pusat Statistik merilis hasil survei mengenai indeks kebahagiaan penduduk Indonesia tahun 2014. Dibandingkan tahun 2013, kebahagiaan orang Indonesia secara umum meningkat dan berada pada level 68.28, naik 3 poin dibandingkan tahun 2013. Survei dilakukan dengan melihat kepuasan 70.631 penduduk Indonesia terhadap 10 aspek kehidupan yang penting, yakni kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan dan kondisi keamanan.

Berikut daftar mereka yang berbahagia di Indonesia :
1.      Warga provinsi Riau
Bila dilihat dari segi geografis, mereka yang paling bahagia tinggal di provinsi Riau. Indeks kebahagiaan penduduk Riau adalah 72,42 dalam skala 0 sampai 100. Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan bahwa yang mebuat warga Riau lebih bahagia dibandingkan warga Indonesia lainnya adalah karena pembangunan ekonominya bagus dan terus bergerak maju. Jakarta berada di urutan ke-14 dalam daftar ini. Yang menempati posisi terendah adalah penduduk Provinsi Papua.

2.      Jomblo
Orang awam selalu berpikir bahwa pernikahan adalah gerbang menuju kebahagiaan. Ini tidak dibuktikan oleh survei BPS. Meski selisih indeksnya sedikit, orang yang menjomblo ternyata memiliki indeks kebahagiaan lebih tinggi dibandingkan mereka yang meningga. Yanto, seorang psikolog di Surabaya, mengatakan bahwa banyak orang tidak bisa atau tidak siap memikul banyaknya tanggung jawab dalam keluarga, mengakibatkan kebahagiaan menurun.
(BACA: Survei BPS: Menjomblo lebih bahagia dibandingkan menikah)

3.      Penduduk Kota
Orang yang tinggal di kota memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal di desa.

4.      Keluarga dengan anggota 4 orang saja
Tidak lebih, tidak kurang, keluarga dengan hanya 4 anggota keluarga lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang anggota keluarganya lebih rendah atau lebih tinggi.

5.      Kebahagiaan berbanding lurus dengan tingkat pendidikan
Pada kategori pendidikan, orang yang berpendidikan pascasarjana S2 dan S3 memiliki indeks kebahagiaan yang lebih tinggi pada level 79.42 dibandingkan orang yang pendidikannya lebih rendah.

6.      Yang punya uang
Ungkapan yang mengatakan uang tak bisa membeli kebahagiaan mungkin tak berlaku di Indonesia. Menurut survei ini, mereka yang berpenghasilan lebih tinggi dari Rp 7,2 juta sebulan lebih bahagia dibandingkan mereka yang berpenghasilan di bawahnya. 

– Rappler.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar